Berburu Kain di Kota Kreatif

Hello!
Apa kabar semuanya? bagaimana weekend kalian? pasti menyenangkan! seperti aku dan dea yang menghabiskan akhir pekan kami dengan mengunjungi salah satu toko kain yang ada di kota fashion, Bandung.

Sebenarnya kita sudah punya planning dari beberapa waktu yang lalu untuk main-main ke toko kain, tapi karena diserbu tugas-tugas kuliah jadinya gak sempet deh:( Untungnya! kita dapat tugas dari Ibu Rika di matkul PBT (Pengetahuan Bahan dan Produk Tekstil) untuk mengenali jenis dan karakteristik kain-kain yang mengharuskan kita untuk pergi ke toko kain. Akhirnya rencana kita yang awalnya hanya wacana pun terealisasikan, kita memutuskan untuk pergi ke toko kain Sandang Murah Textile di jl. Simpang no.22 belakang yogya, Kepatihan, Bandung.

Kami berangkat dari kost-kost an pukul 10 pagi, supaya gak kena macet hehehehe. Awalnya kita sempat nyasar, maklum saja kitakan ABB (Anak Baru Bandung). Sesampainya disana, kami langsung fokus pada tujuan yaitu kepoin jenis-jenis kain haha! Ada salah satu karyawan yang langsung sigap menemani kami berkeliling toko kain, dan karyawannya sangat membantu kami dengan selalu menjawab semua ternyataan kami seputar kain. Sampai-sampai kami lupa menanyakan nama karyawan itu huhu.

Kain satin maxmara berbagai warna
Di lantai 1 berjejer rol-rol kain satin, katun, rayon, dan katun berbagai motif

Dari  karakteristiknya kain satin permukaannya yang mengkilap, licin, memberikan efek glossy hanya pada satu sisi saja berbeda dengan kain sutera yang memiliki bagian licin dikedua sisinya. Bapak karyawan menjelaskan kalau ternyata satin bukanlah jenis serat, melainkan metode penenunan kain ini. Intinya kain satin terbuat dari serat filamen seperti sutra (silk), nilon, ataupun polyester.

Saya dalam balutan kain rayon
Selanjutnya kami berpindah ke bagian kain rayon, jenis kain favorit saya dan dea<3 alasannya karena kain rayon memiliki permukaan yang halus dan lembut, adem di kulit, selain itu kain rayon mudah menyerap zat pewarna sehingga warna yang dimiliki kain rayon umumnya sangat cerah. Kain rayon dapat diklasifikasikan ke dalam serat buatan (man-made) polimer alam, yaitu rayon viscose.


Jejeran kain katun berbagai warna
Lalu kami menuju bagian kain katun, kain yang biasa digunakan orang-orang untuk membuat baju seragam. Setelah kami meraba permukaan kai. Akhirnya kami tau mengapa banyak orang menggunakan kain katun sebagai bahan utama seragam, karena jika digunakan kain katun terasa nyaman di badan dan sangat cocok digunakan seharian. Alasan lainnya karena kain katun terbuat dari serat alami sehingga tidak membuat alergi pada kulit yang sensitif.

Sekarang kita beralih ke lantai 2 


Bahan chiffon polyester

Sama seperti kain satin, kata chiffon sebenarnya adalah kata untuk mendeskripsikan metode untuk membuat jenis kain ini. Kain chiffon aslinya dapat dibuat dari bahan apa saja, seperti sutera, polyester, rayon, katun. Tetapi kebanyakan yang kita temui dipasaran adalah kain chiffon polyester karena harganya terjangkau. Namun kain chiffon yang terbuat dari sutera terkenal memiliki kualitas paling bagus diantara jenis chiffon yang lain.

Kain wool bermotif

Yang terakhir kita kepoin adalah kain wol. Semuanya udah pada taukan kain wol terbuat dari apa? yup! bulu domba, tapi tau gak sih kalau ternyata kain wol itu gak hanya terbuat dari bulu domba tetapi juga dari bulu alpaca, kelinci anggora, dan kambing. Karakteristik dari wol jika diraba permukaannya kasar berbulu, dan panas, warnanya kebanyakan tidak secerah kain yang lain. Kain wol ternyata juga digunakan sebagai bahan baju tentara, pemadam, dan pada pekerjaan yang berhubungan dengan api karena wol memiliki sifat yang tidak mendukung penyebaran api saat terbakar. Hal ini dikarenakan oleh kandungan air dan nitrogen yang tinggi. 

Setelah berkeliling toko, saya menyempatkan diri membeli 1,5 meter kain katun rayon favorit saya (pada gambar yang saya dibaluti rayon) dengan harga 30rb, lumayankan hehe?
Selesai sudah perjalan berburu info tentang jenis-jenis kain, kami berdua pulang dengan otak
yang terpenuhi dengan informasi baru seputar dunia kain.

Terima kasih kepada bapak karyawan yang sangat amat baik hati melayani kita di toko, dan juga terima kasih banyak kepada Bu Rika karena melalui tugas ini pengetahuan kami mengenai kain semakin bertambah.
❤❤️❤️
  Salam hangat dari kami berdua
Adevira Widiandari & Dea Prima Yudhanti
KR-41-03






Leave reply

Back to Top