Wisata Alam yang Sedang Naik Daun di Tenggarong



Jika anda berkunjung ke kota Tenggarong, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat wisata yang sedang naik daun di kalangan kawula muda saat ini. Ladaya! Atau singkatan dari Ladang Budaya Lanjong adalah tempat wisata yang bertemakan lingkungan dan budaya. Lokasinya di Jl. H. Bachrin Seman, Mangkurawang, Tenggarong, Kutai Kartanegara. Tempat ini awalnya tidak dibuka untuk umum sampai akhirnya pada tahun 2015 dibuka untuk umum. Harga tiket masuknya meraup kocek Rp 10,000,- untuk dewasa dan Rp 5,000,- untuk anak-anak.


 









Sejak dibuka pada 6 Juni 2015, kunjungan di lokasi tersebut langsung meledak. Pada hari ketiga pembukaan misalnya, tercatat 1.300 orang berkunjung. Mereka yang datang ke tempat tersebut juga dari berbagai kalangan, mulai rombongan perusahaan, kepolisian, komunitas menembak, serta anak-anak. Ada yang ingin berekreasi bersama keluarga, piknik, melatih kerja sama tim di arena paintball, ingin mempelajari tentang budaya Kaltim, dan juga ada yang sekedar iseng-iseng penasaran.
Berbagai wahana permainan outbound tersedia disini. Seperti flying fox hingga paintball. Selain itu, terdapat mini zoo yang berisikan hewan-hewan khas kalimantan seperti beruang madu dan orang utan. Di sini juga dilengkapi rumah-rumah adat yang dapat disewa. Jadi, tak hanya digunakan untuk berkemah, tapi juga untuk menikmati wisata alam yang asri.


 









Terdapat pertunjukan seni atau panggung seni yang rutin diadakan setiap minggunya dan hari peringatan tertentu. Karena awal berdirinya Ladaya ini hanya semacam panggung seni lalu perlahan-lahan berkembang sampai seperti saat ini. Pertunjukan seni tersebut diharapkan orang-orang khususnya kawula muda yang datang ke Ladaya dapat mengenal Lanjong serta keseniannya. Jadi tidak hanya sekedar foto-foto ya.
Daya tarik pengunjung disini juga terletak pada arsitektur penginapannya yang sangat unik. Berbentuk rumah pohon serta bangunan berbentuk rumah adat. Di bagian depan rumah-rumah itu diberi nama daerah-daerah di Kukar. Ada Sanipah, Anggana, Kembang Janggut, dan sebagainya. Pengunjung yang datang menjadikan foto di depan penginapan unik ini sebagai kegiatan yang wajib tak boleh terlewatkan.






Pada tahun 2013, seniman Lanjong yang terdiri dari ratusan anak muda menggelar Lanjong Art Festival (LAF). Festival seni inilah yang membawa seniman-seniman dari berbagai negara berkunjung ke Ladaya. Negara yang ikut serta di antaranya, Jepang, Meksiko, India, Norwegia, dan Hungaria. Seniman tenar Indonesiapun tak mau kalah seperti Jajang C Noer, pemenang Festival Film Indonesia edisi 1992 kategori Aktris Pendukung Terbaik lewat film Bibir Merah. Ada nama Wawan Sofwan, aktor dan sutradara teater yang sudah malang melintang dalam dunia pementasan. Festival seni berskala dunia itu sukses digelar di pinggiran Tenggarong.

Jika diperbanyak lagi pohon-pohonnya, ladaya akan semakin teduh sehingga pengunjung yang datang merasa sejuk dan nyaman. Fasilitas yang sangat mendukung juga memberi kenyamanan tersendiri buat pengunjung. Tempat wisata ini saya sangat cocok untuk semua kalangan. Intinya sangat dianjurkan sebagai tempat berlibur diliburan akhir tahun ini.

Leave reply

Back to Top